Kamis, 31 Januari 2013

Membaca Al Qur’an Sampai Khatam (Tamat)

           Bagi seorang mu’min, membaca Al Qur’an telah menjadi kecintaannya. Pada waktu membaca  Al Qur’an, ia sudah merasa seolah-olah jiwanya menghadap kehadirat Allah yang Maha kuasa; menerima amanat dan hikmat suci, memohon limpahan karunia serta rahmat dan pertolonganNya. Membaca Al Qur’an telah menjadi wiridnya (kebiasaannya) yang tertentu baik siang ataupun malam. Dibacanya halaman-demi halaman, surat-demi surat dan juz demi juz, akhirnya sampai khatam (tamat). Tidak ada satu kebahagiaan didalam hati seseorang mu’min melainkan bila dia dapat membaca Al Qur’an sampai khatam. Bila sudah khatam, itulah puncak dari segala kebahagiaan hatinya
         Didalam kitab Ihya’ Ulumuddin, Imam Al Ghazali mencatat beberapa hadits dan riwayat mengenai pembacaan Al Qur’an sampai khatam, digambarkannya, bagaimana para sahabat, dengan keimanan dan keikhlasan hati, berlomba-lomba membaca Al Qur’an sampai khatam, ada yang khatam sehari semalam saja, bahkan ada yang khatam dua kali dalam sehari semalam dan seterusnya. Di dalam sebuah hadits, Rasulullah menyuruh Abdullah bin Umar, supaya mengkhatamkan Al Qur’an sekali dalam seminggu, begitulah para sahabat seperti Utsman bin Affan, Zaid bin Tsabit, Ibnu Mas’ud, dan Ubay bin Ka’ab, telah menjadi wiritannya untuk mengkhatamkan Al Qur’an pada tiap-tiap hari jum’at.
         Adapun mereka yang mengkhatamkan Al Qur’an sekali dalam seminggu, Al Qur’an itu di bagi tujuh, menurut pembagian yang sudah mereka atur. Utsman bin Affan r.a pada malam Jum’at, memulai membacanya dari surat Al Baqarah sampai surat Al Maidah, malam Sabtu dari surat Al An’am sampai surat Hud, malam Ahad surat Yusufsampai surat Maryam, malam Senin dari surat Thahasampai surat Al Qashash (Thasiin), malam Selasa surat Al Ankabut sampai surat Shaad, malam Rabusurat Az Zumar ( Tanzil) sampai surat Ar Rahman, malam Kamissurat Al Waqi’ah sampai khatam Al Qur’an. Tapi Ibnu Mas’ud lain lagi membaginya yaitu hari pertama 3 surat, hari kedua 5 surat, hari ke tiga 7 surat, hari ke empat 9 surat, hari ke lima 11 surat, hari ke enam 13 surat, hari ke tujuh surat selebihnya sampai khatam Al Qur’an. Dan ada juga sebagian sahabat khatam sampai satu bulan karna meneliti kandungan yang ada dalam Al Qur’an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar